Kabupaten Jepara, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa.

Kabupaten Jepara terletak di pantura timur Jawa Tengah, dimana bagian barat dan utara dibatasi oleh laut. Bagian timur wilayah kabupaten ini merupakan daerah pegunungan.

Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yakni gugusan pulau-pulau di Laut Jawa. Dua pulau terbesarnya adalah Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Sebagian besar wilayah Karimunjawa dilindungi dalam Cagar Alam Laut Karimunjawa. Penyeberangan ke kepulauan ini dilayani oleh kapal ferry yang bertolak dari Pelabuhan Jepara. Karimunjawa juga terdapat lapangan terbang perintis yang didarati pesawat berjenis kecil dari Semarang.

Kota Jepara selain terkenal dengan kota ukir, juga mempunyai keindahan alam yang amat elok terutama dengan keindahan alam pantainya. Sebagai kota yang terletak di wilayah utara pulau Jawa maka tak heran lagi jika Jepara memiliki tempat wisata pantai yang cukup banyak.

Sebenarnya ada banyak tempat pariwisata di Kabupaten Jepara, yang terkenal disana adalah wisata pantainya, karena memang Kabupaten Jepara dekat dengan laut. Ini adalah beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi baik oleh warga sekitar ataupun dari luar Kabupaten Jepara.

Pantai Kartini

Pantai Kartini adalah salah satu dari tempat pariwisata di Jepara yang terkenal dengan keindahan sunset-nya dan patung kura-kura yang sangat besar (kura-kura raksasa), yang tahun lalu sempat menggemparkan penduduk sekitar dengan isu bahwa kura-kura tersebut minta dimantikan di tengah lautan. Namun itu hanya gosip semata, terbukti hingga saat ini keadaan disana baik-baik saja.

Pantai Kartini

Sunset

Patung Kura-kura Raksasa

Jembatan di atas laut

Pantai Kartini letaknya sangat mudah dijangkau karena letaknya yang sangat berdekatan dengan terminal kota Jepara, dari terminal kita dapat berjalan kaki atau naik becak menuju pantai Kartini.

Selain dapat menikmati indahnya Pantai Kartini dengan sunset-nya di sore hari, dapat juga berlayar menggunakan perahu atau kapal motor menuju Pulau Panjang atau bahkan ke pulau Karimunjawa. Sementara di sekitar Pantai Kartini kita dapat menikmati berbagai fasilitas dan hiburan untuk anak anak seperti kereta kelinci, mobil dan sepeda motor dengan ACCU untuk anak anak, dan juga berbagai macam souvenir khas kota Jepara.

Bandengan

Sunset Pantai Bandengan

Menurut kisah turun temurun, nama Pantai Bandengan pertama kali diberikan oleh putra Sunan Muria yaitu Amir Hasan saat akan berpergian mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimun Jawa. Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan. Pantai yang ada di desa tersebut akhirnya dinamakan Pantai Bandengan. Disebut juga Pantai Tirto Samudro.

Pantai Bandengan

Pantai Bandengan memiliki panorama pasir putih dan pemandangan pohon pandan atau pohon perdu yang tumbuh di sepanjang bibir pantai dan sekitarnya. Pantai Bandengan memiliki struktur pantai yang landai dan air yang jernih dan bersih. Karena itu pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, bermain voli pantai, berperahu, atau sekadar bersepeda di pinggir pantai. Selain dari Pantai Kartini, dari sini pengunjung juga bisa berlayar mengunjungi pulau panjang. Saat sore hari pengunjung bisa menikmati keindahan sunset.

Benteng Portugis

Benteng Portugis adalah sebuah benteng peninggalan sejarah yang terdapat di desa Banyumanis yang berdekatan dengan desa Ujung Batu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Konon benteng tersebut diperkirakan dibangun Pemerintah Mataram pada tahun 1613-1645 sebagai pusat pertahanan untuk menghalau musuh yang datang dari Laut Jawa. Benteng Portugis dibangun pada masa pemerintahan Sultan Agung.

Gapura Benteng Portugis

Benteng Portugis

 

Benteng Portugis


About these ads