Semua orang yang hidup di dunia ini pasti punya masa lalu dalam setiap kehidupannya. Entah itu menyenangkan atau tidak. Yang pasti dalam hidup itu penuh dengan warna, warna kehidupan begitu banyak, jika kita disuruh untuk menghitung warna kehidupan itu, kita tidak akan mampu untuk melakukannya. Begitu juga dengan diriku, akupun punya banyak kenangan masa lalu yang menyenangkan dan pelajaran hidup yang bisa menjadikanku lebih dewas, bisa berfikir dewasa, harus bisa menjadi lebih baik, dan itu memang harus dilakukan oleh semua orang. Karena semakin bertambah usia kita, maka berkuranglah kesempatan untuk menghirup udara di dunia ini, dan bertambah pula masalah kehidupan yang akan dihadapi dalam setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan seterusnya. Semua yang terjadi dalam kehidupan kita pada dasarnya memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi kehidupan kita kelak.

Menjelang bulan Ramadhan tahun ini rasanya seneng, sedih, resah dan ngerasa berdosa benget. Seneng karena aku masih bisa menikmati bulan Ramadhan yang penuh rahmat, barokah, ampunan, limpahan pahala, dan segala kemuliaan yang ada di dalamnya. Sedih, karena aku takut kalo tahun depan gak bisa menemuinya. Semoga saja aku masih bisa menemuinya di tahun2 berikutnya. Amiiin. Resah dan ngerasa berdosa, karena aku teringat Ramadhan tahun lalu, Ramadhan yang buat aku banyak kenangannya. Mulai dari kenangan yang gak enak maupun yang nyenengin. Aku gak tau, mungkin itu kayak lagunya Tere “Dosa Termanis”. Aku kalo inget semua itu rasanya aku benci banget ma diriku ndiri, kok bisa2nya aku lemah kayak gitu di depannya. Kenapa aku mau nurutin kemauannya tu, kemauan yang sama sekali bertentangan ma prinsip hidupku. Wahai kaum remaja, jaga baik2 dirimu,terutama yang cewek, dan yang cowok jangan seenaknya memperlakukan kaum cewek, jangan mentang2 tu pacarnya trus diapa2in mau, atau mau ngelakuin semuanya demi pasangan yang belum resmi jadi pasangan hidup kita.

Cewek itu punya tiga pagar yang tampak secara fisik dalam dirinya. Saat seorang cowok / kekasih mulai menyentuh (berpegangan tangan, bergandengan tangan, duduk berdekatan) dengan seorang cewek, maka pagar pertama telah roboh. Saat seorang cowok mulai berani melakukan tindakan yang lebih dari sekedar menyentuh, misal meraba bagian yang tidak sepatutnya tersentuh atau berciuman, maka pagar kedua bagi seorang cewek telah roboh pula. Ini yang terakhir, saat seorang cewek telah rela memberikan miliknya yang paling berharga dari dirinya, ini adalah pagar utama yang benar2 akan merusak masa depan para remaja, khususnya kaum remaja perempuan. Na’udzubillahi min dzalik. Semoga kaum remaja sekarang memiliki iman dan taqwa yang kuat agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Amiin ……. Aku bersyukur, aku masih memiliki 2 pagar yang masih membentengiku hingga kini, dan semoga sampai saatnya tiba, dimana aku telah temukan pasangan dunia akhiratku. Amiiiin….. Karena itulah, aku ngerasa berdosa, karena satu pagar dalam diriku telah hilang. Pagar pertama hilang ibarat bunga mawar yang sebagian durinya telah hilang. Seorang perempuan hendaknya menjadi seperti bunga mawar yang berduri, indah, harum, dan mempesona, namun dia juga kuat dan dapat melindungi dirinya sendiri, agar tidak mudah dipetik oleh sembarang orang. Karena aku telah kehilangan sebagian duri2ku, aku membutuhkan pengganti pagar pertamaku yang telah hilang untuk melindungiku, agar pagar kedua dan selanjutnya tidak dapat roboh dan bahkan akan semakin kuat. Untuk someoneQ, kamu janji buat ngelindungiku, kamu juga janji buat bantu aku menemukan duri2 yang telah hilang. Aku tau itu gak kan mungkin. Karena kamu telah berjanji buat ngelindungin aku, maka jadilah pelindungku, jadilah pagar pertama yang melindungi diriku, melindungi mawar berdurimu, agar selalu indah. I believe U someoneQ. Dan buat someone2 yang di luaran sana, tetaplah menjadi pelindung bagi mawar berdurimu.

Masa lalu dalam kehidupan adalah sejarah kehidupan setiap orang yang hidup di dunia ini. Masa lalu bukan untuk dikubur dalam2, namuan masa lalu adalah pelajaran dalam kehidupan. Jika indah, maka akan jadi kenangan yang terindah dalam setiap kehidupannya, dan jika buruk, jelek, atau tidak menyenangkan, maka harus dijadikan pelajaran dalam hidup, agar tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Karena seseorang yang telah melakukan kesalahan yang sama berkali2 termasuk orang yang merugi dalam hidupnya. Sebaliknya, seseorang yang lebih baik dari kemaren maka dia termasuk orang yang beruntung dalam kehidupannya. Semoga kita termasuk orang2 yang beruntung. Amiiin