Inilah beberapa mobil terkecil di dunia :
Augsuta B. Sirait
(istimewa)

INILAH.COM, London – Sepeda motor menjadi solusi kendaraan alternatif bagi masyarakat kota besar seperti Jakarta. Tapi di Inggris, mobil terkecil di dunia yang disebut Flatmobile hadir sebagai kendaran alternatif.

Perry Watkins adalah seorang yang sebelumnya pernah membuat rekor dunia sebanyak 3 kali untuk mobil terendah dan kali ini dia telah berhasil memecahkan rekor terbaru untuk mobil terkecil di dunia.

Bahan dasar mobil ini diambil dari sebuah mainan mobil yang biasa dimainkan oleh anak-anak dengan memasukkan uang logam (kemudian bergoyang) tetapi Perry mengubahnya menjadi mobil sungguhan.

Setelah mengganti rangkanya dengan besi, dia menambahkan wiper, lampu dan lampu sen sehingga menjadi terlihat lengkap seperti mobil sungguhan.

Untuk mesinnya, Perry menggunakan mesin 150 CC dengan 4 silinder yang cukup untuk mengangkut 1 orang.

Dengan ukuran tinggi hanya 99 cm dan lebar 66 cm sudah bisa dipastikan bagaimana sulitnya untuk masuk ke mobil kecil ini apalagi kalau harus berjalan jauh dengan posisi seperti yang terlihat di gambar. [O1]

Gambar
P50. Foto:homepage.ntlworld.com
Ukurannya tak lebih besar dari kardus pembungkus kulkas 1 pintu. Itulah mobil P50 yang diproduksi pada tahun 1962. Mobil ini sempat diedarkan secara legal di Inggris dan sampai sekarang tercatat sebagai mobil terkecil di dunia, tentunya dengan catatan yang pernah beredar secara resmi.

P50 diproduksi oleh Peel Engineering Ltd pada tahun 1962. Pabrik ini berlokasi di Isle of Man, sebuah pulau di pesisir barat Inggris. Penciptanya adalah Cyril Cannel dan Henry Kissack. Ide pembuatan microcar ini diilhami dari keinginan menciptakan mobil murah yang praktis, yang diistilahkan cukup layak dipakai untuk pergi berbelanja, membawa orang dan sebuah tas belanja.

Ukuran P50 sungguh mini. Panjangnya hanya 1,34 meter, lebar 99 cm dan tinggi 1,2 meter. Nyaris sama besar dengan sebuah kulkas 1 pintu bukan? Sebuah foto malah mengabadikan P50 mampu dimasukan ke tengah kabin VW Combi. Mobil sekecil itu dipersenjatai oleh mesin 49 cc yang mampu dipacu hingga 64 km/jam. Tak semua orang bisa masuk dalam mobil ini, hanya mereka dengan bobot di bawah 100 kg yang bisa diangkut.

P50 hanya memiliki tiga roda. Dua di depan dan satu di belakang. Berat keseluruhan P50 hanya 60 kg. Begitu ringannya, hingga orang yang kesulitan memutar balik P50 yang dikendarainya bisa turun dari kendaraannya, lalu mengangkat ujung moncong P50-nya dan memutarnya 180 derajat, seperti memutar sebuah gerobak.

Ketika dipasarkan untuk pertama kali pada tahun 1963, Peel Engineering hanya menaruh harga 199 pounsterling, lebih murah daripada harga sebuah sepeda motor berkualitas baik, sekitar 250 pound. Mungkin karena bentuknya yang aneh dan supermungil, alhasil P50 saat itu tak mendapat sambutan. Hanya sempat diproduksi 50 biji.

Tapi inilah berkahnya. Dengan produksi sekecil itu dan bentuk yang sangat unik, P50 yang asli sekarang ini memiliki nilai yang berlipat-lipat dibanding harga jualnya dulu. Sebuah P50 yang diproduksi tahun 1962 ssat ini dihargai sampai dengan 50.000 pound. Dari 50 P50 yang pernah dilansir, 20 di antaranya diidentifikasinya masih dalam kondisi layak pakai.

Begitu menariknya P50, sampai-sampai sebuah pabrikan mobil di Nottingham, Inggris baru-baru ini melakukan reproduksi kembali P50. Satu bijinya dijual 10.000 poundsterling.