Pengalaman buber pertama yang aneh buatku Minggu malem kemarin bareng rekan-rekan kerja dan atasanku di salah satu Resto di Semarang. Aku gak abis pikir, buber kok cuma sekedar makan2, ngobrol-ngobrol  doank, cuma untuk membatalkan puasa

Dari awal waktu aku diajak buat ikutan buber, aku gak yakin buat ikut, napa?? Karena aku bingung ntar sholatnya gimana? Ini acaranya di Resto, gak kayak acara buber yang biasanya aku adain di deket masjid (daerah sekiar masjid) ya fungsinya biar bisa menjalankan perintahnya dengan baik puasa, berbuka, dan sholat juga, biasanya acara buber selesai setelah sholat terawih bersama juga. (bukannya aku mau sok suci atau gimana, aku emank cuma manusia biasa, tapi aku selalu berusaha untuk menjadi lebih baik, dan sebisa mungkin selalu menjalankan setiap perintahNya) dimanapun aku berada.

Malemnya aku bingung, ngobrol-ngobrol sama suamiku,

Aku :  “gimana ni besok, aku sholatnya gimana? masak puasa gak sholat, cuma dapet lapernya aja? rugi donk….”

Suami  : “y ntar tep bawa mukena ndiri aja, ntar cari tempat buat sholat”

Eh untungnya aku langsung “dapet”, Alhamdulillah….. mungkin ini adalah jawaban atas kebingunganku. Allah emank ngerti banget kebingunganku, Allah Maha Pengasih dan Maha Tahu.

Ternyata bener apa yang aku khawatirin, acara bubernya aneh, cuma sekedar makan-makan aja, gak ada rasa nikmat yang dirasakan saat berbuka (walaupun aku lagi “dapet” biasanya aku tetep bisa ngersain nikmatnya berbuka walo hanya dengan lauk yang sederhana, tapi kali nggak, yang terasa hanyalah kemewahan)😦

Atasanku sekeluarga udah sampe duluan di resto, aku sama temen-temenku belakangan. Kita semua udah dipesenin minum, tinggal pesen makannya sndiri. Sesaat kemudian pelayan ngasie tau kalo udah saatnya buat berbuka. Aku bingung mau pesen menu apa? Menurutku semuanya mahal-mahal dan tampak melebihlebihkan. Akhirnya aku cuma pesen nasgor yang paling murah seharga 16.000 (gak enak juga mau pesen yang mahal-mahal, sayang banget, uang sebanyak itu cuma buat sekali makan, 1 porsi).

Saat makan inilah aku ngerasain keanehan itu, diantara semua orang itu gak ada yang bilang mau sholat dulu apa makan dulu? gak ada yang ngajak buat sholat dulu, termasuk atasanku, malah ngomong “kalo mau pesen lagi, pesen aja gak papa” aneh Aku gak nyuruh temen ane buat sholat / nanyain dia mau sholat ato nggak, soalnya dulu pas aku pertama kali tanya sama dia dimana tempat buat sholat bilangnya gini : “diatas aja gak papa, aku gak pernah sholat’ok….” haaa gak pernah sholat, katanya muslim??? Wah parah niiih orang, Islam KTP nih…. nah sekarang mereka puasa-pun tetep gak sholat. Yah rugi banget tu cuma dapet laper+haus doank

Saat itu masie bisa positif thinking, mungkin nanti habis makan baru pada sholat, ternyata nggak…. makannnya malah pelan-pelan, habis itu malah ngobrol-ngobrol. Untung aja aku lagi “dapet” (emank gak sholat kan…. coba kalo aku lagi gak “dapet” wah aku bisa bingung cari tempat buat sholat. Allah emang Maha Tahu y…). Acara selese aku sama temen-temen langsung cabut, benernya aku risih ada di tempat kayak gtu, minder, itu bukan tempatku.

  • Apa acara buber sekarang ini kayak gitu, cuma sekedar makan-makan di tempat yang mewah dan ngobrol-ngobrol???
  • Apa cuma sekedar untuk membatalkan puasa aja???
  • Apa hanya sekedar ajang untuk kumpul-kumpul dengan mengatasnamanakan BUBER???
  • Apa hanya sekedar rutinitas di bulan Ramadhan aja???
  • Apa mereka lupa untuk mengharapkan Ridho dariNYA di bulan yang penuh berkah ini?????

Karena setauku, acara buber gak sekedar makan-makan, ngobrol-ngobrol, ato ngumpul-ngumpul aja, ada nilai lebih yang didapet (ya sholat, ya dapet tausyiah, dapet hal-hal yang bermanfaat), jadi terasa banget nikmatnya berbuka. Selama ini aku kalo ikut buber mesti dapet hal yang bermanfaat. Acara buber kemarin adalah acara buber yang aneh menurutku.

alest“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya melainkan hanya rasa lapar dan dahaga.” (HR. At Tabrani)

*****

mrsmoker2

MOHON JUGA BUKA PUASA PAKAIAN NYA YG SOPAN,
ANE PERNAH NEMUIN MAU BUKA PUASA PAHANY KE MANA2…

astaga… adek2 yg baru gede tolong donk minta ajarin agama sama ortu kalian..

para ortu juga tolong mendidik anaknya dengan baik.

kalopun ente noni yah sesuaikan saja lah pakaiannya yg sopan…

Yang pernah ngalamin hal sama kayak aku