Ini ada beberapa temen-temen dari forum yang pernah ngalamin halyang sama kayak aku pas ikutan buber….

TheVijays

ya emang gitu kehidupan sekarang gan, ane juga ngalamin. Sangat sangat tidak sesuai dengan tujuan puasa itu sendiri

*****

azawae

yang ente rasain sama juga ama yang ane rasain. klo ada buber pasti acaranya makan-makan doank kea gitu. kadang diselingi ngobrol2 ga jelas. mana yang ngadain di resto2 yang tempat sholad aja kecil bener, sementara banyak yang mau sholad, jadi rebutan, mana musolla kotor, baah. dan belum lagi tiap instansi ngadain buber. padahl tiap hari juga ketemu, pake acara buber2 segala, dan yang bikin males sih acaranya kaga jelas, cuma makan2 doank . mending klo buber diadain pengajian gitu, atau ada acara lah sebelumnya, supaya mengisi kekosongan waktu dengan baik, dan juga diadakan apabila sama temen2 ato rekan yang emang jarang ketemu.

CMIIW

pengalaman terakhir kmaren mulai dari acara, makanan, iuran, sampe tempat sholad. mushola kecil abis, dan kotor. sholad kudu gentian, terpaksa ane sholad, pas ditengah2 sholad, uda adzan isya’

*****

piyeprest

ane juga senasib sama sist…baruu gari sabtu sore kemaren ane nemenin cowo ane ngisi acara d resto dix*e di jogja..judul acaranya sih buber..bertema ramadhan gitu lah. sponsornya motor paling banyak dipake di indon.

ane berangkat jam 4 trus ada acara musik2 gitu mpe buka puasa..isinya anak2 sma yang alay gitu sis, tapi ada juga yang menarik seperti pentas anak tunarungu en drummer2 cilik kemudian buka puasa (ane kemaren juga pas lagi halangan). musik berhenti sebentar…yang para artis lokal yang udah manggung pada istirahat.hampir semua gada yang sholat (yang tau ndiri lah sist style anak2 sekarang kayak apa..nyaris g memungkinkan untuk sholat..) kalo ada pun bener2 g keliatan lah…kamar mandi sepi…tempat wudu gitu

20 menit berlalu..mpe isya..acara musik terus..tapi gada suasana religiusnya cuma judulnya doangmiris ane gan

bukan tempat ane..makanya ane langsung pulang

*****

Bener banget, Sis. Di Perusahaan Ane, malah ngadain BukBer nya di Salah Satu Hotel bintang 5 di jakarta, dengan harga paket yang lebih dari Rp 2 juta/orang !!!!! Dan, yang di undang ada lebih dari 100 orang.

Parah banget, Sis, coba bayangin, dengan uang segitu, bisa buat makan berapa Mesjid tuch, bisa buat biayain BukBer di lebih dari 10 Mesjid dhe!

Dan, parahnya lagi, Paket tersebut udah di Booking dari sebelumnya, sesuai dengan jumlah orang yang akan datang. Nach, kalo pas jam nya orang tersebut ga bisa datang, tetep mesti Bayar, Sis! Parah banget.

Udah begitu, undangan juga ga semuanya Muslim, Sis. Jadi, kayanya acaranya emang buat gaya-gaya an doank dhe.

Muslim yang ikut juga Muslim KTP semua, Mana ada acara Sholat dulu. Malah beberapa kebetulan Ane tau persis kalo mereka malah Ga Puasa dan malah melakukan Maksiat di Bulan Suci ini.

Orang-orang kaya gini nich yang menjelekkan nama Islam di Mata Umum, jadi kelihatan kaya Agama yang Munafik dan ga Bener gitu.

Parah dhe, Sis. Salut buat Sis yang bisa menjaga sikap kaya gitu

*****

NabilL

wah akhirnya ada juga yang bikin tread kayak gini…

kmrn gw ma istri buka puasa d rumah makan pinggir jalan (yg ga ada tmpt sholatnya) gw nyampe tuh pas bgt magrib..karena dah kenal ma yg dagang gw pesen dah tuh ikan bakar ma cumi2…langsung deh gw tinggal ke masjid deket warung..istri gw ga ikut cos lagi dapet…

akhir cerita pas sls sholat ane makan dah ampe jam 7an, n istri ane nanya koq orang2 yang laen ga ada yg sholat yah, cos istri ane lg ga solat n merhatiin org2 laen yg bbukber d tempat itu…langsung deh ane bingung sendiri, secara klo ntr negor orang yg ga di kenal malah berabe…

akhrnya gw jelasin ke istri bahwa saat ini tuh lagi terjadi degradasi budaya n kebiasaan, dimana buka puasa bareng yang dulunya dijadikan ajang silaturahmi n berbagi menjadi suatu rutinitas dan kebiasaan semata hanya sebagai acara makan2 membatalkan puasa, tanpa tau esensi dari puasanya sendiri yaitu beribadahuntuk mendapat ridho Allah SWT..

miris seh ngeliatnya, tp gw ga punya kuasa buat ngerubahnya…
hanya bs berbuat dari diri sendiri aja…
tengkyu

*****

Rundawn

Gan, ane kemaren juga kayak gitu diajakin sama cewek ane! tapi so far setelah makan pembuka kita solat magrib dulu kok, setelah itu kita makan2 berat. utk isya kita bisa dirumah. walaupuh tarawih ga bisa dimasjid kan bisa tetep dilakuin dirumah (hukum.a boleh kok, walau pahala.a kurang banyak).Rasullulah juga kan ga mengharuskan tarawih itu di mesjid. coba inget lagi!!!.

Memang terlalu sich klw smp ga solat sama sekali, itu nama.a kelewatan sis!. yang penting diri sendiri, bos akan mengerti kok klw kita ijin untuk solat. bukan karena takut sok gengsi tapi yang penting menyelamatkan diri sendiri dari siksa neraka sis! .

posisikan diri kita sesuai dengan keadaan. kan semua.a ada hukum.a masing2, ada yang wajib, sunah, sunah muakad, bit’ah. tergantung bagaimana sis mengontrol diri sis sendiri…… . Amien… semoga sis selalu diberi keluasan hati……. maaf kalau ada salah2 kata.

*****

chubbysurabi

itu sih masih mending..msh ada rasa kekeluargaanya.. kemaren ane lebih parah sis. Ane bubar sekalian reunian ma tmn2 SMP (skrg ane udh gawe..udh 10 taunan lah kita g ktmu). yang dtg lumayan lah ada skitar 40an.. tapi ttp aja gan..sesampainya disana geng2an ky zaman smp.. cuma ngobrol ya sm tmn2 yg dkt aja..dtg..salam2an..duduk, makan, pulang.. huu yg paling parah nih gan salah satu dr tmn ane (yg beda geng) bawa wine dong…please deh..sumpah ane nysel banget ikut bubar..cuma buang2 waktu aja..gak dapet tuh kbersamaanya, ditambah tiap orang malah asik dgn hp nya masing2…

*****

covo07

Ane juga gitu kmaren pas reunian bukber SMP.

Walaupun bilangnya acara “BUKBER” tapi sore2nya pas pada ngumpul dah pada ngerokok gan

Jadi yang namanya “BUKBER” tuh ga harus puasa ya?

Abis makan batalin puasa, gw ajakin sholat pada bilang gini : “Eh Rajin lo, gw nitip Sholat yak !! (sambil cengar-cengir)

Yang sholat cuma segelintir temen ane yg emang alim dari dlo gan.
Miris liatnya

*****

AkhDihein

sama

ane jg ngalamin kok gan
critanya jg di restoran..
dari awal buka,ane dah ngira,klo bkalan lupa solat ni anak2,trnyata bner,smpe magrib dah mepet,kgk ada yg inisiatif solat,pada lupa kali.Ya udah ane lgsg brgerak dah.
ane lgsg ngajak tmen2 bwt solat bareng,dan alhmdulillah pada brgerak smua(mskipun ttp aja ada anak yg kgk branjak dari tmpat)
just share about Muslim’s condition